Sebagai dosen, saya sering bertanya – tanya dalam hati apa peran dosen sebenarnya? Hal tersebut dapat ditelusuri dari Tri Dharma PT.

Jadi, dosen di PT selain mengajar mahasiswa, harus terus mengembangkan ilmunya melalui penelitian, dan menerapkan hasil penelitian tersebut melalui pengabdian pada masyarakat. Berarti seorang dosen harus bertindak sebagai :

  1. Pengajar. Dosen bukan hanya menguasai materi, namun juga dapat mengajarkannya pada orang lain dengan metode yang baik. Menurut saya, dosen juga tidak hanya mengajarkan hal – hal keilmuan pada mahasiswa, namun juga sikap – sikap yang benar dalam menempuh kehidupan yang sementara ini.
  2. Peneliti. Dosen harus meneliti untuk mengembangkan keilmuannya. Bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga merupakan bentuk tanggung jawab terhadap pengembangan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Sikap haus belajar dan selalu ingin tahu sangat diperlukan dosen untuk maju dan berkembang. Di PT luar negeri, sudah lazim bahwa sebagian besar penelitian terbaru muncul dari kampus, bukan industri atau tempat lain.
  3. Pelayan masyarakat. Dosen tidak cukup hanya tinggal di “menara gading” PT, namun juga harus mau membumi dengan masyarakat yang membutuhkan bantuan. Sebagai tanggung jawab moral dan sosial terhadap masyarakat, dosen harus mau memberikan ilmu yang ia miliki untuk kepentingan orang banyak.

Pertanyaan saya berikutnya ialah apakah ketiga peran di atas memang saling berhubungan? Cukup jelas mengapa seorang dosen perlu melakukan ketiganya dalam profesinya. Dengan penelitian, seorang dosen akan memperkaya khasanah ilmu, dengan pengabdian masyarakat dosen bisa menjadi penggerak pembangunan, dan seterusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *